Iklan Header Responsive

17 September 2014

Panduan Cara Menulis Artikel di Blogger ( Bagian 2 )

Cara Menulis dan Artikel di Blogspot Bagian 2 - Cara menulis artikel di blogger bagian 1 telah dijelaskan di artikel sebelumnya. Artikel tersebut menjelaskan beberapa fungsi dan cara penggunaan kelompok tools di post editor blogger. Untuk melengkapi artikel tersebut, berikut artikel tambahan yang akan menjelaskan cara menulis artikel di blogspot ( Part 2 ).
Cara menulis artikel di blogger
Cara Menulis Artikel di Blogspot Bagian 2

Cara Menulis dan Artikel di Blogspot Bagian 2

Di artikel sebelumnya telah dijelaskan kelompok tools baris pertama dan kelompok tools yang berada di sebelah kanan halaman post editor blog. Berikut ini adalah penjelasan fungsi dan cara penggunaan tools yang belum dijelaskan di artikel cara menulis artikel bagian pertama tersebut yaitu kelompok tools baris kedua yang terdiri dari :
  • Compose dan HTML.
    Secara default, saat menulis artikel anda akan menggunakan mode Compose. Klik tombol HTML untuk masuk ke mode HTML. Pada mode ini, tools post editor akan berkurang karena penggunaan gaya tulisan dilakukan dengan menggunakan cara manual yaitu dengan menuliskan kode.

    Anda juga akan melihat kode yang membentuk gaya tulisan yang telah dibuat pada mode compose dengan menggunakan tools, misalnya kata yang telah dibuat menjadi tebal akan menampilkan kode <b> sebelum kata yang dibuat tebal dan kode </b> setelah kata tersebut. Silahkan pilih menggunakan mode yang anda suka dan kuasai.
  • Tanda panah ke kiri dan kanan
    Tools ini sama dengan undo dan redo yang ada di microsoft word. Fungsinya untuk mengembalikan hasil editan ke sesi sebelumnya untuk panah ke kiri dan maju 1 sesi untuk panah ke kanan.

    Misalnya, anda telah menghapus 1 kalimat dan ingin mengembalikan kalimat tersebut. Klik panah ke kiri untuk mengembalikannya dan klik panah ke kanan untuk menghapusnya lagi. Jika anda telah menghapus kalimatnya lalu mengetik huruf M, maka untuk mengembalikan kalimat yang terhapus, anda harus mengklik panah ke kiri 2 kali.

    Jika terbiasa menggunakan tombol di keybord, anda bisa menggunakan tombol CTRL+Z untuk panah ke kiri ( = Undo ) dan CTRL + Sift + Z untuk panah ke kanan ( = Redo ).
  • Huruf F miring.
    Gunakan tools ini untuk mengganti jenis huruf ( Font ) tulisan di artikel. Cara penggunaanya dengan menyeleksi ( Highlight ) kata atau kalimat yang ingin di ubah fontnya lalu mengklik tanda panah yg mengarah ke bawah disampingnya. Selanjutnya tinggal klik nama jenis huruf yang di inginkan.
  • TT Huruf T besar dan Kecil
    Berfungsi untuk mengubah ukuran tulisan. Cara penggunaannya sama dengan cara mengganti jenis huruf.
  • Normal
    Kotak biru muda dengan tulisan Normal dan ujung panah didalamnya.
    Berfungsi untuk mengatur heading tulisan di artikel blog. Cara penggunannya sama dengan point sebelumnya yaitu dengan menyeleksi tulisan lalu memilih jenis heading. Heading untuk H2, Subheading untuk H3, dan minor heading untuk H4. Untuk tulisan biasa, gunakan normal.
  • B I U ABC.  Masing masing tools berfungsi untuk : B = Membuat huruf tebal ( bold ), I = Membuat huruf miring ( italic ), U = Membuat garis di bawah huruf / tulisan ( underline ), dan ABC berfungsi untuk memberi garis di tengah huruf ( strightrought ), biasanya untuk mencoret tulisan yang sudah tidak bisa digunakan atau tidak berlaku.

    Cara penggunaannya sama dengan point sebelumnya. Contoh penerapannya pada tulisan di artikel bisa anda lihat pada point ini juga.
  • Huruf A besar dengan garis bawah tebal dan gambar pensil
    Huruf A besar berfungsi untuk memberi warna pada tulisan di artikel blog. Cara penggunaannya dengan menyeleksi huruf, kata atau kalimat lalu mengklik tanda ujung panah mengarah ke bawah yang ada di samping toolsnya. Selanjutnya klik salah satu warna yang di inginkan.

    Gambar Pensil berfungsi untuk memberi warna latar belakang ( background ) pada tulisan. Cara penggunaannya sama dengan cara memberi warna pada tulisan di artikel blog.
  • LinkTulisan Link dengan garis bawah.
    Berfungsi untuk memberikan link pada kata atau kalimat di artikel. Cara penggunannya yaitu dengan menyeleksi tulisan yang akan di buat jadi link lalu mengklik toolsnya. Selanjutnya masukkan URL tujuan link pada kotak yang ada di samping tulisan Web address.

    Beri tanda checklist pada tulisan Open this link in a new window dengan cara mengklik kotak kecil di depan tulisan tersebut jika ingin membuat linknya membuka tab baru saat di klik. Jika ingin membuat linknya jadi nofollow, berikan juga tanda checklist pada tulisan Add = Rel nofollow attribut.
  • Kotak biru dengan gambar gunung di dalamnya.
    Berfungsi untuk menambahkan gambar ke dalam artikel. Cara penggunaan : Klik di posisi gambar yang anda inginkan lalu klik toolsnya ( ).

    Selanjutnya, pilih sumber gambar yang ingin anda masukkan. Klik Pilih file jika anda ingin mengambil gambar yang tersimpan di komputer kemudian cari file gambar anda, klik lalu tekan tombol Open. Setelah gambar muncul, klik tombol Add selected.

    Untuk memasukkan gambar dari sumber lain ( file gambar tidak tersimpan di komputer ), pilih salah satu pilihan yang ada di bawah tulisan Upload.
  • Clapper board.
    Tool berikutnya adalah Clapper Board, berfungsi untuk menambahkan video ke dalam artikel. Cara penggunaanya sama dengan cara memasukkan gambar ke dalam artikel.
  • Jump Break.
    Tool berikutnya setelah clapper board adalah jump break. Berfungsi untuk memotong artikel di tampilan halaman beranda. Istilah lain untuk tool ini adalah read more. Saya tidak pernah melihat blog menggunakan tools ini karena read more otomatis lebih praktis dan teratur.

    Cara penggunaannya adalah dengan mengklik di akhir kalimat yang akan di potong lalu klik tool jump break.
  • Alignment, Numbered List, dan Bullet list.
    Alignment berfungsi untuk mengatur perataan tulisan yaitu rata kiri, kanan, tengah, dan kiri kanan. Cara penggunaanya yaitu dengan menyeleksi tulisan lalu mengklik tipe perataan tulisan yang di inginkan.

    Numbered List berfungsi untuk menambahkan angka secara otomatis di depan kata, kalimat atau paragraf. Cara penggunaannya yitu dengan mengklik di depan kata atau kalimat yang ingin di beri penomoran lalu mengklik tool Numbered List. Setiap anda mengklik enter, maka kalimat berikutnya akan di beri penomoran otomatis.

    Bullet list fungsinya sama dengan numbered list. Jika numbered list menambahkan angka secara otomatis, Bullet list hanya menambahkan lingkarang kecil di depan kalimat. Contohnya seperti yang anda lihat di artikel ini.
  • Icon tanda kutip.
    Berfungsi untuk menambahkan blockquote di artikel. Cara penggunaannya sama dengan mengganti jenis huruf dan warna tulisan. Contoh penggunaanya bisa anda lihat dengan mengklik DI SINI lalu lihat bagian di artikel yang ada tulisan CATATAN.
  • Huruf T miring dengan garis datar bawah dan tanda kali.
    Berfungsi untuk menghapus format atau gaya tulisan yang telah ditambahkan. Misalnya menghapus format bullet list, numbered list, blogcquote, dan lain-lain.
Untuk tools terakhir yaitu icon huruf ABC dengan tanda checklist di bawahnya, kayaknya berfungsi untuk mengatur format tulisan. Jika anda penasaran, silahkan cari infonya di gugel. Saya tidak tahu fungsinya, tidak pernah menggunakannya, dan sudah capek menulis tutorial cara menulis artikel di blogspot bagian 2 yang terlalu panjang ini. Semoga bermanfaat.
    Suka artikel ini ?
    Jangan lupa jempolnya ....

    Google+

    Plus One

    0 komentar di artikel :
    Panduan Cara Menulis Artikel di Blogger ( Bagian 2 )

    Jangan pernah memberi komentar yang menusuk di hati lalu tembus di jantung !!!

    Jangan lupa tambahkan minimal 1 spasi sebelum dan setelah kode emoticon !!!

    Artikel Populer

    Pilih Kategori

    email (1)
    follow via blogger

    Mau Artikel Gratis ?

    follow via blogger

    Mau Artikel Gratis ?